Pages

Teori Baru Asal Muasal Manusia

Saturday, July 30, 2011

[Gambar: 1669552.jpg]

Kutip:Teori Baru Asal Muasal Manusia. Jika sebelumnya teori yang menyebutkan bahwa manusia modern lah yang menjadi cikal bakal manusia sekarang. Namun, setelah para ilmuwan mengatakan bahwa moyang manusia purba punah lebih awal. Lantas ilmuwan mempertanyakan teori baru tersebut. Seperti apakah teori baru tersebut ? Penasaran ?


Kutip:Jika asumsi yang sebelumnya menyatakan bahwa Homo Erectus dianggap sebagai moyang langsung spesies Homo Sapiens. Kedua spesies ini diyakini hidup berdampingan. Homo Erectus bermigrasi keluar Afrika 1,8 juta tahun silam. Sekitar 500.000 tahun silam, spesies ini menghilang dari Afrika dan sebagian besar Asia.

Ilmuwan yakin spesies ini bertahan hidup di Indonesia hingga 35.000 tahun silam. Manusia modern awal sampai di wilayah ini sekitar 40.000 tahun silam dan diyakini hidup berdampingan moyang manusia modern.

Namun, ternyata asumsi tersebut salah teori baru ini menjelaskan bahwa 
Homo Erectus menghilang jauh sebelum kedatangan Homo Sapiens di Asia dan sudah punah lebih awal dari keduanya. Dikatakan bahwa Homo Erectus punah 143 ribu tahun silam, bahkan lebih dari 550.000 tahun.

Hal ini tentu mengejutkan kita semua karena lamanya kepunahan kedua moyang tersebut jelas berbeda jauh. Jika di sini letak masalahnya, bukti ini jelas menantang hipotesa ‘Keluar dari Afrika’ yang menyatakan manusia modern berevolusi secara penuh di Afrika sebelum beremigrasi ke bagian lain di dunia.

“Homo Erectus mungkin tak berbagi tempat tinggal dengan manusia modern." ucap Dr Etty Indriati dari Universitas Gadjah Mada. Hipotesa ‘multi regional’ alternatif ini menunjukkan, manusia modern berevolusi dari spesies moyang di Afrika, Asia dan Eropa.

Selama ini kita menyangkal bahwa manusia memiliki nenek moyang modern yang hidup 143 tahun silam namun dengan Teori Baru Asal Muasal Manusia ini ilmuwan menyatakan moyang manusia hidup tak lama setelah kepunahan moyang manusia modern bahwa Homo Erectus dianggap sebagai moyang langsung spesies Homo Sapiens. Bagaimana pendapat anda ?

No comments:

Post a Comment