Pages

Total Bilangan Prima

Saturday, July 30, 2011

Sebenarnya bilangan prima terbesar itu berjumlah tak terhingga. Itu berarti bilangan prima terbesar yang diketahui hingga saat ini pun, masih ada bilangan prima lain yang jauh lebih besar.

Bilangan prima ini merupakan penemuan komputasi terdistribusi dari proyek GIMPS (Great Internet Mersenne Prime Search) yang melibatkan para ahli dan matematikawan di seluruh dunia dengan cara menyebarkan perangkat lunak khusus kepada mereka yang menjadi sukarelawan. Kebanyakan dari mereka pun mengerjakan proyek ini hanya untuk hobi belaka dan pemenuhan kebutuhan berpikir. Hasilnya luar biasa !!!

2^43.112.609-1

Merupakan bilangan prima terbesar yang diketahui hingga saat ini. Ditemukan oleh seorang pria bernama Edson Smith menggunakan komputer Dell OptiPlex 745 di UCLA. Bilangan ini terdiri dari 12.978.189 digit. Dibutuhkan 3.461 halaman hasil (dari program yang digunakan) untuk menuliskan rincian bilangan tersebut, dengan 75 digit per baris dan 50 baris per halaman.

lihat di:
http://prime.isthe.com/no.index/chongo/merdigit/long-m43112609/prime-c.html

Hadiah uang sebesar $100.000 ditawarkan oleh Electronic Frontier Foundation untuk mengapresiasi penemuan penemuan selanjutnya, dengan syarat bilangan prima yang ditemukan minimal terdiri dari sepuluh juta digit, dan hadiah tambahan untuk penemu pertama bilangan prima yang terdiri dari seratus juta digit dan satu milyar digit. Mau mencoba ??


sumber: http://www.tongberisi.net/2010/03/sebenarnya-bilangan-prima-terbesar-itu.html
 |

No comments:

Post a Comment