Pages

Perbedaan Earbud, Earphone, Backphone, Headphone, Headset, Handset, Handsfree

Thursday, January 30, 2014
Banyak dari kita yang menyebutkan benda-benda dibawah ini hanya dengan 2 kata, Earphone atau Headset.


Namun sebenarnya masing-masing dari benda tersebut memiliki nama/istilah tersendiri, berikut perbedaannya.

Earphone
Earphone memiliki bentuk seperti gambar diatas, bentuknya simpel dan mudah dibawa kemana-mana, pemakainnya tinggal ditempelkan di depan lubang telinga, tidak sampai masuk kedaam telinga, berbeda dengan Earbud yang berbentuk menonjol. Earphone hanya digunakan untuk mendengarkan musik, film, game, dll, namun tidak memiliki microphone.

Earbud


Earbud tidak jauh beda dengan Earphone, karena Earbud termasuk jenis dari Earphone itu sendiri, yang membedakan hanyalah bentuk nya, Earbud memiliki bentul yang menonjol sehingga saat dipakai bisa masuk ke dalam telinga, dan tidak ada celah untuk suara dari luar masuk ke dalam telinga.

Backphone
Dari nama nya sudah jelas yaitu 'Back' yang artinya belakang, berarti Backphone dipakai dengan memposisikan gagang di belakang kepala, dan bentuknya di desain khusus supaya dapat menjepit di bagian atas telinga sehingga tidak mudah lepas.

Headphone
Headphone memiliki fungsi yang sama seperti Earphone, namun Headphone memiliki bentuk & ukuran yang jauh lebih besar, dan tentu saja kualitas suara yang di hasilkan lebih bagus, namun penggunaannya hanya sebatas 'mendengarkan' karena tidak memiliki microphone.

Headset
Headset tidak jauh beda dengan Headphone, hanya saja untuk Headset memiliki tambahan berupa microphone, sehingga selain untuk mendengarkan, Headset juga bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Handset
Nah untuk Handset beda dengan yang lainnya, Handset merupakan alat elektronik nya seperti smartphone, tablet, mp3 player, dll. Handset merupakan alat yang memutarkan musik atau suara yang akan di dengarkan lewat Headphone, Earphone, dll.

Handsfree
Dalam pemakaiannya, Handsfree lebih diutamakan untuk komunikasi daripada mendengarkan musik, karena Handsfree bertujuan untuk memudahkan para pengemudi untuk menelepon, jika ada panggilan masuk, pengemudi tidak perlu mengambil  ponsel dan memegangnya terus selama telepon berlangsung, mereka cukup menekan tombol jawab dan langsung berbicara. Umumnya Handsfree tidak memiliki kabel alias wireless.

sumber

1 comment:

  1. If you've been searching for some quality running headphones - no, let's say it, the best running jbl headphones - our guide to the very best on the market today will put you straight.

    ReplyDelete