Pages

Rupa-rupa Cerita Soal Asal Suara Drumband Misterius di Yogyakarta

Monday, January 6, 2014

Suara drumband misterius kerap didengar warga Yogyakarta. Walau ada dugaan itu taruna AAU yang berlatih drumband, namun ada juga dugaan lain.

"Itu cerita lama, sudah semenjak saya kecil. Kebetulan rumah saya dulu di Jalan Notowinatan, Pakualaman. Suara tersebut selalu terdengar setiap pagi dari arah Timur, namun banyak juga yang mengatakan kalau itu adalah drumband taruna TNI-AU yang berlatih tiap pagi. Biarlah tetap menjadi keramahtamahannya Yogya saja," jelas KRMT Roy Suryo saat berbincang dengan detikcom, Senin (6/1/2014).

Roy yang kini menjabat Menpora ini merupakan warga asli Yogya. Roy juga pernah menuturkan bahkan ada beberapa orang juga sering cerita mendengar suara drumband tersebut terdengar jika malam dari arah Kraton.

"Namun terus terang kalau yg ini agak sulit dicari logikanya," imbuhnya.

Roy kerap mendengar drumband misterius setiap dini hari sampai pagi. Bahkan kadang-kadang mulai jam 2-an dini hari. Suara itu terdengar hingga rumah lamanya di Ndalem Notonegaran Pakualaman.
"Cuma terus terang karena almarhum ayah dulu sudah cerita "tidak usah dicari" sumbernya, ya sudah saya waktu itu kemudian memaknainya sebagai 'Kearifan Lokal' dan 'Keramahtamahan Jogja' saja, yang tetap biarkan apa adanya," urainya.

Ada cerita tersendiri soal asal muasal drumband itu. Selain soal taruna AAU, cerita lainnya pemain drumband itu menurut Roy anek rupa informasi.

"Ada yang cerita itu adalah "Prajurit Kraton", "Pasukan Nyi Roro Kidul", "Pahlamawan Perang yang di Kusumanegara", bahkan "Mantan Pelajar Golongan Kiri" dan sebagainya. Biarlah setiap orang memaknainya sendiri-sendiri," imbuhnya.

"Yogya memang luar biasa, termasuk cerita lama Lorong misterius dari Kraton, Tamansari ke Laut Selatan. Juga Lorong dari Kraton Ngayogyakarto ke Puro Pakualaman, dan sebagainya. Logikanya bisa jadi karena Sri Sultan HB I adalah Arsitek yang sangat luarbiasa, sehingga dimungkinkan hal-hal semacam itu terjadi. Silakan dimaknai sendiri," tambahnya lagi.

Bagaimana menurut Anda soal suara drumband misterius itu?

Sumber

No comments:

Post a Comment