Pages

Tanda-Tanda Kalau Kita Belum Dewasa

Saturday, January 25, 2014
"TUA ITU PASTI, TAPI DEWASA ITU PILIHAN"

1. Ngetawain temen yang jatuh dan suka ngebully
Ini nih gan tanda pertamanya, emang sih sepele dan pasti banyak agan dan agan wati dimari yang sampe usia sekarang ini masih demen ngetawain temen agan yang jatuh/terpeleset. Lucu memang lihat kejadian kayak gitu, tapi kalo dipikir-pikir dan dirasain pake perasaan, kan kasihan temen kita yang jatuh itu, udah sakit, tambah malu pula gara-gara kita ketawain. Makanya mulai sekarang belajar deh, kalo ada temen yang jatuh, ditolongin ya jangan malah diketawain. ini nih yang satunya nih, nggak kalah maraknya dikalangan remaja remaji diusia yang harusnya bisa dikategorikan dewasa, yaitu suka ngebully, buat yang satu ini ga perlu panjang lebar deh ya njelasinnya, udah jelas banget bulling itu ga ada manfaatnya, kalo niatnya mau nyadarin orang atas kesalahannya kan ada cara yang lebik bijak dan etis dibandingin ngebully.

2. Males ngelaikuin pekerjaan yang sebenernya itu buat diri kita sendiri
Yang kedua nih gan.. agan dan agan wati pasti pernah kan ngerasain yang namanya males?. Nah, kalo agan dan aganwati masih sering males ngelakuin hal yang sebenernya itu penting buat diri sendiri , (misalnya : belajar, ngerjain tugas, bersih-bersih, kerja alias cari uang). Itu tandanya agan masih kurang dewasa dalam menjalani hidup ini.

3. Lupa beribadah kalo gak diingetin
Dewasa ini, orang-orang sering kali disibukkan dengan masalah pekerjaan, main, tidur atau hal apapun yang membuat kita jadi malas, menunda atau bahkan lupa untuk beribadah. Dan disinilah tingkat kedewasaan kita diuji, seberapa kuatkah hati kita untuk mau melaksanakan kewajiban kita ditengan kesibukan-kesibukan ini. Kan yang diwajibkan untuk beribadah itu orang yang udah dewasa kan?, ya kalo memang ngerasa udah dewasa ya monggo lah kesadarannya sendiri. Orang dewasa mana sih yang harus nunggu orang tuanya/orang lain ngingetin dulu baru mau berangkat ibadah?

4. Berantem sama pasangan/teman karena hal sepele
Gara-gara sms pending, curiga sama pacar, gara-gara telepon gak diangkat ngambek, gara-gara pacar gak ada waktu buat nemenin marah, gara-gara pacar deket sama cewek/cowok lain (padahal Cuma temen/rekan kerja/ malah saudaranya) cemburu. Terus lagi kalo masalah sepele sama temen, tau sendiri lah ya apa contohnya (rebutan gebetan.) Hmmm… kalo masalah-masalah kecil aja bisa buat ente marah/ngambek, dimana coba letak dewasanya?

5. Belum bisa bedain mana yang baik dan mana yang buruk
Salah satu ciri agan dan agan wati udah dewasa (selain cirri biologis loh ya ), adalah mengenai cara piker agan dan aganwati sekalian, okelah, umur 25 tahun misalnya, secara fisik/biologis usia segini udsah bisa dibilang dan dipastikan kematangannya, tapi kalo diumur segitu belum bisa mbedain mana yang baik dan mana yang gak baik, ya sama aja kayak anak-anak. Anak-anak yang belum tau kalo api itu panas, ya tahunya itu bagus, menyala-nyala, warnanya cerah (mungkin gitu pikirannya) bisa aja nyoba megang, tapi sekalinya tau kalo itu panas, ntar juga dia nangis terus ogah megang lagi. Lha ini, buat kita yang ngakunya udah dewasa, apakah bener cara pikir kita udah kagak kayak anak-anak?, gini deh contohnya, bagi beberapa orang dewasa diluar sana, narkoba itu hal yang menyenangkan, padahal mereka udah tau efeknya apa, tapi masih aja nekat ngonsumsi, apakah itu nggak lebih kekanak-kanakan disbanding anak-anak?. Kita harus lebih bijak dalam melakukan segala hal.

DEWASA BUKAN BERARTI TUA
DAN
TUA BUKAN BERARTI DEWASA

Be patient
Keep promise
Never lie
Always loyal
And life profesionaly

sumber

No comments:

Post a Comment